The best teacher in this world is information. And the best student is someone can take that at least of the most part. So, don't spent your time for useless or anything, because world never going back to past time. Hold the world into your hand with your abilities. Keep Spirit. Salam UNIKERS.

Tips Sehat Bermain Futsal

Untuk kamu Futsal Player
coba tips ini agar kita makin enjoy bermain futsal
oke.cekidoth UNIKERS

Bermain futsal selain sebagai sarana refreshing dari kesibukan sehari hari juga sebagai kegiatan untuk menjaga kesehatan,namun kadang bukan badan yang segar didapat setelah bermain futsal, tetapi malah rasa pegal dan sakit seluruh badan, apakah futsal memang terlalu keras untuk kita ?

Bukan hal tersebut yang menjadi faktor masalah, setiap jenis olah raga apalagi olah raga dinamis terdapat dua akibat yaitu sehat atau cedera, sekarang cara olah raga yang bagaimana yang beresiko lebih besar sehat dan kecil cedera atau sebaliknya lebih besar cedera dari pada sehat, ini tergantung dari proses sebelum kita melakukan olah raga inti..
jika proses ini di tabrak maka cedera yang lebih besar akan terjadi namun sebaliknya jika proses ini dilakukan dengan benar maka sehat akan cenderung lebih besar di dapat, lalu apakah proses yang di maksud? Proses di sini adalah peregangan dan pemanasan sebelum melakukan olah raga inti dalam hal ini futsal, dan pelemasan serta pendinginan setelah melakukan olah raga inti.

Tips sehat sebelum dan sesudah olah raga futsal:

1.lakukan peregangan menyeluruh pada bagian tubuh dari kepala sampai kaki.

2.lakukan pemanasan yang cukup,panas dalam konteks di sini berbeda untuk setiap orang,lakukan pemanasan semaksimal mungkin,biasanya di tandai dengan 
berkeringat,lakukan jogging jogging kecil sebelum memulai olah raga futsal.

3.akhiri olah raga futsal dengan melemaskan otot setelah di gunakan olah raga,dan biarkan suhu tubuh turun dengan perlahan.

4.jauhi melakukan aktifitas merokok setelah futsal minimal 1 sampai 2 jam,biarkan tubuh menghirup oksigen segar tanpa asap nicotine.

5.kontrol meminum minuman energy,karena ini tidak baik bagi tubuh,minuman yang terbaik adalah air putih tidak dingin.



Tips and Trik Futsal

Untuk Penjaga Gawang

1. Untuk kamu penjaga gawang alias kiper, gunakan sarung tangan kiper yang standar dan cobalah untuk selalu memakainya dalam setiap pertandingan.

2. Jangan terlalu takut untuk berhadapan dengan bola, karena sehebat - hebat striker tak akan melukai penjaga gawang dengan serius.

3. Posisi anda harus maju apabila posisi pemain belakang sudah terlambat untuk mundur, karena itu akan membuat sudut tembak seorang penyerang akan terganggu.

Untuk Pemain Bertahan

1. Gunakan posisi yang tepat agar pergerakan lebih efektif, dikarenakan serangan dari pemain depan akan cepat dan efektif jika menggunakan trik counter attack

2. Jangan menunggu lawan jika anda mau mengumpan, karena membahayakan gawang anda.

3. Untuk serangan separuh lapangan atau disebut Half Field Attack, gunakan posisi badan miring agar lebih cepat bergerak apabila serangan menggunakan umpan datar silang.

Untuk Playmaker

1. Banyak - banyaklah meng - keeping bola agar lawanmenjadi kebingungan. Biarkan pemain serang anda bergerak sesuai keinginan ataupun instruksi pelatih. Lalu umpan bola keeping tersebut untuk mengambil skor.

2. Perhatikan pergerakan dan posisi teman anda agar lebih efektif dsalam penyerangan.

3. Jangan terlalu sering mengumpan, karena tidak semua partner bisa passing dengan baik, tetapi jangan juga berlama - lama keeping bola karena lawan akan langsung menujukan perhatiannya ke anda.

Untuk Penyerang

1. Bersikap tenang dalam bermain, jangan terlalu berambisi mencetak gol karena kolektifitas bermain sangatlah baik untuk diperhatikan. 

2. Untuk berhadapan dengan kiper, berusahalah untuk melewati kiper atau meilhat kolong dari kiper. Karena saat diserang posisi kiper pasti dalam kondisi bertahan. Gunakan kesempatran tersrebut untuk mencetak skir.

3. Shooting jarang jauh lebih efektif apabila anda berada pada posisi samping kiri atau kanan gawang. Untuk posisi sejajar dengan gawang jangan digunakan untuk shooting. Karena sudut tembak terlalu sempit.

Sekian Tips And Trik untuk anda semua pecinta futsal. Terima kasih.