The best teacher in this world is information. And the best student is someone can take that at least of the most part. So, don't spent your time for useless or anything, because world never going back to past time. Hold the world into your hand with your abilities. Keep Spirit. Salam UNIKERS.

Planet Pengganti Bumi ? Benarkah ?

Semangat para astronot tak ada habisnya untuk mencari planet baru yang dapat dihuni manusia. Secercah harapan tersebut muncul ketika sekelompok astronot mendapati sebuah planet yang mirip dengan bumi. Pada penelitian awal, planet tersebut memiliki peluang unyuk dapat dihuni manusia.
Seperti halnya yang dikabarkan oleh laman Dailymail, planet yang terdeteksi melalui teleskop dari bumi tersebut, berbatu seperti layaknya bumi yang sekarang kita huni ini. Disamping itu, planet tersebut juga mengorbit dengan ‘zona hunian’ dimana dia memiliki suhu yang terasa cocok untuk keberadaan air di permukaan. Suhu permukaan tersebut bisa jadi mirip dengan yang ada di bumi.
Guillem Anglada-Escudé, pemimpin penelitian tersebut mengungkapkan “Planet baru ini kandidat terbaik yang menyediakan air, dan mungkin kehidupan”.

Planet yang mampu terdeteksi oleh teleskop di European Southern Observatory ini mempunyai bobot 4,5 kali bumi dan mengorbit pada satu bintang yang disebut GJ 667C serta memiliki jarak 22 tahun cahaya dari bumi. Jika dilihat dari posisi galaksi, planet yang mirip bumi tersebut masih tetangga kita.

Diinformasikan dari laman Telegraph, planet tersebut mengorbit pada bintangnya dengan periode 28,15 hari, hampir sama dengan orbitnya bumi kepada matahari. Planet yang mirip dengan bumi kita ini dinamakan GJ 667Cc.

Seorang Profesor Astronomi yakni Steven Vogt mengatakan: “Planet ini mengorbit di sistem tiga bintang. Namun dua lainnya berada sangat jauh. Tapi, kedua bintang tersebut akan terlihat sangat indah di langit,”. Dua bintang lain yang dimaksud hanyalah bintang kerdil yang memiliki warna oranye dan terdapat tiga planet yang mengorbit dekat bintang ini.


Susunan kimia yang dimiliki oleh bintang ini tidaklah sama dengan susunan kimia yang terdapat pada matahari, bintang ini memiliki kandungan elemen berberat jenis lebih besar dari helium seperti besi, karbon dan silikon. Mungkin dengan adanya planet terbaru ini, mengindikasikan bahwa galaksi kita dihuni penuh dengan miliaran planet berbatu yang berpotensi untuk dapat di jadikan tempat tinggal manusia.

GJ 667C sendiri sudah diketahui memiliki planet besar didekatnya, namun keberadaannya tidak pernah dipublikasikan. Mungkin terlalu dekatnya dengan bintang, planet tersebut diduga bersuhu terlalu panas untuk keberadaan air. Penelitian ini baru saja dimulai untuk mencari parameter orbital planet yang memiliki kesamaan dengan bumi ini, GJ 667C mengorbit dengan periode 75 hari.
Sebelum penemuan planet baru tersebut, Teleskop Kepler mendapati lebih dari seratus planet yang besarnya mirip dengan Bumi. Penemuan tersebut terjadi di tahun 2010 setelah Kepler memindai langit untuk mencari keberadaan planet yang mengorbit pada bintang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment sepuasnya gan. Negara Demokrasi..